TPM UNWAR Gelar Pengabdian Masyarakat di Kuwum Badung

 07 Mei 2024   

Teori dan Praktek penggunaan eco-enzym kandang ternak

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Warmadewa ( TPM UNWAR) menggelar aksi di Desa Balangan, Kuwum, Badung.

Kegiatan pada Senin (6/5/2024) itu mengusung matei berupa teori dan praktek penggunaan eco-enzym pada kandang ternak. Materi diberikan oleh Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP yang sekaligus sebagai Ketua Tim serta  Dr. Dra. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si. dan Prof. Dr. Ir. I Gusti Agung Putu Eryani, M.Si.

Ni Made Ayu Gemuh dalam laporannya, menyatakan, kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Warmadewa melibatkan tim yang terdiri dari berbagai bidang ilmu.

“Diantaranya adalah peternakan, budaya dan teknik sipil yang sama-sama tertarik dalam Budidaya sapi bali dan ekowisata,” katanya.

Dia menegaskan, tugas seorang dosen tidak hanya mengajar di kampus, tetapi harus wajib melakukan tridarma perguruan tinggi, disamping mengajar wajib meneliti dan hasil penelitiannya dihilirisari kemasyarakat melalui pengabdian masyarakat demi kesejahteraan masyarakat.

Adapun kegiatan kali ini dilakukan agar peternak di Desa Balangan mampu meningkatkan kualitas pemeliharaan sapi, khususnya dengan memanfaatkan eco enzyme.

Memelihara sapi Bali dinilai masih sangat menguntungkan karena tidak hanya menghasilkan daging dan anak, tetapi juga menghasilkan pupuk kandang dan sebagai tenaga kerja. Kotoran sapi mempunyai nilai ekonomis, karena termasuk pupuk organik yang dibutuhkan oleh semua jenis tumbuhan. Kotoran sapi dapat menjadi sumber hara yang dapat memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi lebih gembur dan subur.

Namun peternak harus mempertimbangkan sejumlah hal seperti soal lokasi dan penyiapan sarana dan pra sarana khususnya soal penyediaan kandang. Selajutnya adalah masalah pemeliharaan sapi dimana penyediaan pakan yang baik sangat diperlukan.

Adapun eco enzyme dapat digunakan untuk membantu pemeliharaan kandang serta mencegah penyakit korangan pada sapi.  Setelah pemberian materi, peserta pelatihan yang terdiri dari para peternak kemudian diajak untuk melakukan praktek penyemprotan eco enzyme di kandang sapi.

TAGS :