KKN-PPM Unwar Tahun 2024, Optimalisasi Potensi Desa Sibang Gede

 23 Februari 2024   

Optimalisasi Potensi Desa Sibang Gede

Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar kegiatan KKN-PPM yang merupakan salah satu mata kuliah wajib. Dosen pembimbing lapangan Nyoman Sumawidayani,S.IP.,M.AP., mengatakan kegiatan KKN bertujuan untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui keterlibatan secara langsung dalam menemukan, mengenali, menganalisis potensi dan memecahkan permasalahan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (iptkes).

KKN-PMM dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun, diprogramkan pada semester ganjil bulan Pebruari dan genap dilaksanakan bulan Juli. Pada tahun ini untuk pelaksanaan KKN bulan Pebruari mengusung tema “Optimalisasi Potensi Desa Untuk Meminimasi Kesenjangan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat”.

Mengacu pada tema dari KKN-PPM Universitas Warmadewa tahun 2024, mahasiswa KKN-PPM Universitas Warmadewa yang berlokasi di Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung telah melaksanakan beberapa program kerja, yaitu Gertak Bersih Sungai Ayung, ikut serta membantu dalam kegiatan Posyandu, Lomba Bulan Bahasa Bali, Bimbingan Belajar dan Mengajar di Sekolah Dasar Desa Sibang Gede, penyuluhan praktik pengelolaan lingkungan yang baik dan penanaman bibit tanaman. Mahasiswa KKN-PPM Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal ikut berkontribusi dalam penunjang ketahanan pangan di Desa Sibang Gede melalui program Penanaman Bibit Terong dengan melibatkan kordinator serta tim ketahanan pangan Desa Sibang Gede.

Program penanaman bibit dilaksanakan pada Selasa, 20 Februari 2024 yang berlokasi disekitar Pura Dalem Desa Adat Sibang Gede di Bajar Srijati. Mahasiswa menyumbangkan 400 bibit terong untuk di tanam pada area lahan ketahanan pangan yang dimiliki oleh Desa Sibang Gede.

Kegiatan penanaman bibit terong dihadiri oleh Perbekel Sibang Gede, Ketua BPD Desa Sibang Gede, Ketua LPM Desa Sibang Gede, Bendesa Adat Desa Sibang Gede, Kelian Dinas Banjat Srijati, Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM Universitas Warmadewa desa Sibang Gede, Koordinator dan Tenaga Ketahanan Pangan Desa Sibang Gede.

Kordinator KKN Unwar Desa Sibang, I Kadek Rio Parsana Arta menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan penanaman 400 bibit tumbuhan untuk meningkatkan ketahanan pangan. “Kami ingin turut serta berkontribusi untuk meningkatkan ketersediaan pangan yang akan diproduksi oleh masyarakat Desa Sibang Gede. Kami mahasiswa KKN berharap kegiatan penanaman bibit kami ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Sibang Gede, ” ucapnya.

Selaku dosen pembimbing lapangan Nyoman Sumawidayani,S.IP.,M.AP menyampaikan bahwa ketahanan pangan merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Golas). “Melalui penanaman bibit terong diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan di Desa Sibang Gede, ” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Sibang Gede, I Wayan Darmika membuka kegiatan penanaman bibit. “Terimakasi atas kontribusi mahasiswa KKN-PPM Universitas Warmadewa. Kami harapkan untuk kedepannya Universitas Warmadewa dapat terus menjadikan Desa Sibang Gede sebagai lokasi KKN-PPM, ” ucapnya berharap.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan 400 bibit tanaman oleh Koordinator KKN Desa Sibang Gede kepada Kepala Desa Sibang Gede. Usai penyerahan dilanjutkan dengan penanaman bibit bersama di area lahan ketahanan pangan Desa Sibang Gede. 

TAGS :