KKN-PMM Unwar 2024 Berdayakan Masyarakat Desa Batuaji

 13 Maret 2024   

KKN Desa Batuaji

Kuliah Kerja Nyata- Pemberdayaan Masyarakat Oleh Mahasiswa (KKN-PMM) Universitas Warmadewa (Unwar) Tahun 2024 di Desa Batuaji, Kabupaten Tabanan mengambil tema “Optimalisasi Potensi Desa untuk Meminimasi Kesenjangan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat”. Kegiatan dilaksanakan sebulan dengan melibatkan 21 mahasiswa dari jurusan Administrasi Negara, Hukum, Kedokteran, Ilmu Pemerintahan Dan Teknik Sipil.

Pelaksanaan KKN merupakan proses pembelajaran di Universitas Warmadewa yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat. Namun, pada pelaksanaan KKN ini diiringi dengan pembelajaran pemberdayaan masyarakat yang dikenal dengan KKN-PMM (Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa) yang merupakan suatu kegiatan wajib yang memadukan antara implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara memberikan pembelajaran dan pengalaman kerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dosen Pembimbing KKN, dr. Dewa Ayu Agung Alit Suka Astiti, MSi., mengatakan KKN-PMM menjadi salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter, menganalisis permasalahan sosial dan potensi dalam masyarakat serta menanamkan nilai empati dan kepedulian terhadap segala bentuk permasalahan dalam masyarakat.

“Bagi civitas akademika sendiri kegiatan KKN-PMM ini bertujuan sebagai bentuk kontribusi penting dalam menumbuh kembangkan empati dan kepedulian civitas akademika terhadap berbagai permasalahan riil yang dihadapi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan KKN diharapkan mampu mencetak mahasiswa dengan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang siap ketika sudah terjun di masyarakat. “Dalam hal ini, mahasiswa diperankan sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/ pengembangan masyarakat. Melalui konsep tersebut, kehadiran mahasiswa sebagai intelektual muda kami harapkan mampu berkembang menjadi agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakatnya,” tandanya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan tema “Optimalisasi Potensi Desa untuk Meminimasi Kesenjangan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat” dilakukan upaya untuk memberdayakan masyarakat melalui realisasi potensi kemampuannya. Salah satu potensi pembangunan manusia dapat diwujudkan melalui kegiatan pendidikan masyarakat. Kegiatan ini menekankan pentingnya memahami kebutuhan
masyarakat dan cara pemecahan masalahnya dengan memperhatikan potensi yang ada di lingkungannya.

Maka dari itu, mahasiswa KKN-PMM Universitas Warmadewa yang bertugas di Desa Batuaji, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan melakukan KKN-PMM dengan beberapa program guna meningkatkan Pemberdayaan dalam tindakan mengacu pada proses pemberdayaan diri dan dukungan profesional untuk orang-orang yang membantu mereka mengatasi perasaan tidak berdaya dan kurangnya pengaruh, dan untuk mengenali dan menggunakan sumber daya mereka untuk bekerja dengan kemampuan terbaik mereka. Program kerja yang dilaksanakan dalam upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

KKN-PMM Universitas Warmadewa Tahun 2024 berujuan :

  1. Pengembangan dan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga memiliki kepedulian dan kemampuan untuk mengkaji, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan yang berbasis kompetensi, profesional, pragmatis dan interdisipliner.
  2. Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga dalam menelaah dan memecahkan masalah di dalam masyarakat secara pragmatis ilmiah.
  3. Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instansi teknis dan masyarakat.
  4. Membantu masyarakat dalam pengembangan usaha ekonomi produktif keluarga melalui pelatihan dan pembinaan yang diberikan mahasiswa.
  5. Membatu mengoptimalisasi potensi desa melalui pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan ketahanan pangan desa.

Untuk itu KKN-PMM Unwar Desa Batuaji telah menjalankan 10 program yaitu Edukasi Bahasa Inggris yang dilaksanakan pada 31 Januari 2024 dan 12 Februari 2024, Promosi Pengklukatan Beji Tibu ranjang pada 21 Februari 2024, Pembersihan Titik Sampah pada 2 Februari 2024, 7 Februari 2024, 16 Februari 2024, dan 21 Februari 2024, Penyuluhan terkait eco-enzim pada 2 Februari 2024, Pembersihan Tapal Batas pada 21 Februari 2024, Ruang literasi terbuka pada 5 Februari 2024 dan 19 Februari 2024, Penyuluhan terkait penyakit menular dari hewan ternak pada 6 Februari 2024, penyuluhan mengenai PHBS pada 15 Februari 2024, penyuluhan mengenai kenakalan remaja pada 20 Februari 2024, Membantu mengembangkan UMKM pada 17 Februari 2024.

“Pelaksanaan KKN-PMM ini juga mengalami beberapa kendala saat program kerja tersebut dijalankan, seperti terkendala penyesuain waktu dengan kegiatan masing-masing individu masyarakat, terjadi kesalahpahaman informasi dengan pihak sekolah, dan kurangnya kemampuan siswa/siswi dalam pelajaran, ” ungkapnya.

Namun, melalui kendala tersebut, diperoleh solusi yang membantu mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan KKN-PMM selama 1 bulan ini yaitu adanya dukungan dari pihak desa Batuaji, pihak sekolah SD Desa Batuaji, dan Masyarakat Desa Batuaji yang telah memfasilitasi sarana dan prasarana serta ikut berpartisipati mendukung terlaksanaya program kerja ini.

” Kedepan kami berharap masyararakat dan perangkat desa lebih giat dan bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan desa dengan mengembangkan potensi-potensi yang terdapat di Desa Batuaji. Selain itu, pemerintah diharapkan dapat memberikan dukungan kepada kelompok UMKM yang ada di Desa Batuaji sehingga UMKM tersebut dapat berkembang dengan baik, ” pungkasnya. 

TAGS :